4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula

Blog merupakan salah satu media digital yang bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis media sosial, dimana antara Author (penulis) dan pembaca bisa saling berhubungan dalam lingkup kolom komentar.

Hal ini hampir sama seperti sosial media pada umumnya (Facebook, Twitter), dimana kita bisa membuat postingan dan kemudian berkomentar pada postingan itu sendiri.

Yang membedakan antara blog dengan sosial media pada umumnya adalah terletak pada sang pembuat postingan itu.

Dimana pada blog, kita sebagai orang biasa tidak bisa membuat postingan secara sembarangan di suatu blog, tapi kita hanya bisa melakukan interaksi dengan postingan pada blog tersebut melalui komentar (itu pun jika ada), sebab ada juga beberapa blog yang tidak menyediakan fasilitas komentar di blognya.

Nah, sebelum kita masuk pada inti pembahasan mengenai cara membuat blog, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian dasar dari kata blog itu sendiri.

Dikutip melalui Wikipedia, blog berasal dari kata Web Log yang berarti kumpulan berbagai informasi yang dipublikasikan melalui WWW (World Wide Web), dimana WWW ini merupakan sistem khusus yang dibuat untuk menghubungkan suatu jenis teks ke teks lainnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa blog adalah sekumpulan informasi berupa teks yang saling terhubung dengan informasi teks lainnya, dimana informasi-informasi ini dapat diakses melalui kanal jaringan internet.

Blog pada dasarnya dimanfaatkan oleh para penulis untuk mempublikasikan informasi-informasi pribadi yang dialami oleh sang penulis, atau bisa dikatakan bahwa blog merupakan bentuk lain dari buku diary (buku harian).

Namun seiring berkembangnya zaman, kini blog juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti media promosi, marketing, branding, portal berita, situs informasi, dan lain sebagainya.

Perubahan kegunaan dari pada blog itu sendiri dipengaruhi oleh banyak hal, satu hal yang paling mempengaruhi perkembangan dunia blog adalah karena adanya kemajuan di dunia maya (internet).
Selain itu pula ada faktor lain yang mempengaruhi perkembangan dunia blog, yaitu adanya
pengembangan teknologi advertisement (iklan) di dalam lingkup dunia internet.

Sebut saja, Google Adsense, dimana dengan hadirnya terobosan jasa periklanan ini membuat kalangan blogger diseluruh dunia menjadi berkembang drastis.

Google Adsense merupakan situs jasa periklanan terpercaya yang dinaungi langsung oleh Google.inc.

Situs ini berani membayar para blogger yang mau bekerjasama untuk menayangkan iklan di situs blognya, dengan beberapa syarat yang pastinya tidak bisa dianggap mudah.

Nah untuk masalah Google Adsense akan kita bahas pada kesempatan lain kali saja ya, sebab jika kita membahasnya pada postingan ini, dikhawatirkan akan keluar dari inti pembahasan utama, yaitu cara membuat blog.

Nah, baiklah untuk kalian yang ingin membuat blog tapi belum paham cara-caranya bisa langsung mengikuti langkah-langkah membuat blog berikut ini:

Sebelum anda benar-benar masuk pada inti pembahasan, silahkan pastikan bahwa anda sudah memiliki akun Google.

Jika anda sudah memiliki akun Google tersebut, silahkan login di situs Blogger.com kemudian klik pada menu "Masuk" (dipojok kanan atas).

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


Isi form yang ada dengan email anda, klik "Berikutnya" kemudian masukkan pula password emailnya. Jika sudah, klik "Berikutnya".

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


Jika anda baru pertama kali membuat blog di situs Blogger.com, maka anda akan diminta untuk memilih menggunakan profil Blogger biasa atau profil Google+.

Disini, saya sarankan untuk memilih menggunakan profil Blogger saja!

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


Jika sudah, klik pada "Lanjutkan Ke Blogger" untuk memulai membuat blog. Langkah-langkahnya bisa anda lihat dibawah ini:

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


1. Klik pada "Buat Blog Baru".

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


2. Silahkan isi kolom pendaftaran yang tersedia (Judul, Alamat, dan Tema).


Judul:

Silahkan isi kolom judul dengan judul blog anda. Misalnya anda akan membuat blog yang membahas seputar resep masakan. Maka judul blog yang sesuai adalah "Resep Makanan".

Alamat:

Pada kolom Alamat, silahkan isi dengan nama URL/Link blog yang anda inginkan. Misalnya "resep-makan21.blogspot.com".

Perlu diperhatikan dalam penulisan Alamat blog, tidak diperkenankan menggunakan huruf balok/kapital.

Tema:

Akan tersedia beberapa macam tampilan tema blog yang sudah disediakan, silahkan pilih tema yang sekiranya cocok untuk blog anda.

3. Jika semua kolom sudah terisi dengan benar, selanjutnya klik pada "Buat Blog".
4. Selesai, kini anda sudah berhasil memiliki blog baru.

Sampai pada tahap ini anda telah berhasil membuat blog baru yang belum memiliki postingan apapun, hanya tersedia nama blog, alamat blog (URL/Link) dan tema blog saja.

Selanjutnya, anda harus mampu beradaptasi dengan menu-menu yang tersedia di halaman dashboard blogger ini, diantaranya:

Postingan:

Adalah menu utama yang digunakan untuk membuat postingan atau artikel didalam blog.

Statistik:

Merupakan menu khusus yang menampilkan perkembangan situs blog anda, mulai dari jumlah pengunjung, postingan yang sering dikunjungi, wilayah/regional pengunjung, serta web browser yang digunakan oleh pengunjung.

Komentar:

Melalui menu komentar ini anda bisa melihat tanggapan dari para pengunjung anda mengenai postingan artikel anda. Melalui menu ini pula anda bisa mengatur komentar blog anda.

Penghasilan:

Menu ini hanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah bermitra (bekerjasama) dengan jasa periklanan Google Adsense. untuk blogger pemula (baru) silahkan abaikan saja menu ini.

Halaman:

Disini anda bisa membuat halaman-halaman baru yang nantinya bisa menjadi pelengkap suatu blog. Menu ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat halaman berupa "About, TOS, Disclaimer, Sitemap".

Tata Letak:

Menu ini akan menampilkan kerangka situs blog anda, mulai dari Header sampai Footer. Melalui menu ini juga anda dapat mengatur warna, ukuran, serta posisi widget blog sesuai keinginan anda.

Tema:

Pada menu Tema, anda bisa mengatur tampilan situs blog anda dengan lebih leluasa, syarat utama untuk bisa mengubah bagian-bagian tema secara lebih detail adalah dengan mempunyai pemahaman dasar bahasa pemrograman HTML.

Setelan:

Menu terakhir yang dapat anda gunakan adalah menu Setelah. Disini anda bisa mengubah setelan atau pengaturan dari blog anda, seperti pengaturan jumlah postingan yang tampil di halaman utama, pengaturan bahasa, pengaturan penelusuran, pengaturan komentar, dan lain sebagainya.


Penutup

Demikianlah langkah-langkah mudah membuat situs blog menggunakan platform Blogger.com.

Membuat blog bisa dilakukan dengan sangat mudah oleh siapapun, namun mengelola blog sebaliknya, tidak bisa dilakukan dengan mudah dan juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Kunci dari mengelola suatu blog agar terus berkembang adalah kerja keras, pantang menyerah dan yang paling penting adalah konsisten.

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada pembahasan cara membuat blog melalui situs Blogger.com. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat untuk anda ya.

Karena pembahasan kali ini hanya membahas langkah pembuatan blog saja, maka pada kesempatan yang akan datang saya akan membahas panduan-panduan lainnya seputar tata cara pengaturan dan pengelolaan blog.

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan menarik lainnya.

Belum ada Komentar untuk "4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel