Film Dokumenter Samin VS Semen

Screenshot youtube samin vs semen
Add caption
Samin vs Semen adalah sebuah film dokumenter karya Dandhy Laksono, pendiriwathdoc.co.id, dalam projek Ekspedisi Indonesia Biru. Dalam video tersebut, Dandhy menceritakan perlawanan penganut ajaran Samin (Kec. Sukolilo – Pati) pada pabrik semen terbesar di tanah air yaitu Semen Gresik, dan Indocement Group. Video ini mengambil latar belakang di tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Pati dan Rembang (Jawa Tengah), serta di Kabupetan Tuban (Jawa Timur).
Video berdurasi 39 menit 26 detik ini juga mendokumentasikan perlawanan warga Kecamatan Gunem di Kabupaten Rembang terhadap pendirian pabrik Semen Gresik. Yang unik justru warga yang pro pabrik semen tidak ada satupun yang mau di ambil gambarnya.
Sementara Gunarti, warga Kecamatan Sukolilo – Pati, menyampaikan penolakannya terhadap pendirian pabrik semen karena takut kehilangan mata pencaharian, yaitu dari bertani.
Film dokumenter yang digarap Dandhy Laksono dan Suparta Arz (fotografer asal Aceh) ini dibuat dalam waktu kurang lebih satu bulan (Januari – Februari 2015) dan di publikasikan di youtube tanggal 3 maret 2015.
Berikut video Samin vs Semen di youtube:



sumber.Patinews.com

Belum ada Komentar untuk "Film Dokumenter Samin VS Semen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel